Masker Input Data dalam Microsoft Access

[ad_1]

Jika Anda baru dalam membuat basis data, Anda mungkin belum menerapkan aturan validasi ke bidang yang Anda buat. Dalam jangka pendek, ini mungkin merupakan cara bebas masalah untuk mengambil data, terutama jika Anda satu-satunya orang yang menggunakan basis data.

Jika Anda memiliki lebih dari satu orang yang melakukan entri data, Anda mungkin ingin mengatur aturan validasi untuk input data Anda. Ini akan menghemat waktu dalam jangka panjang karena menyediakan cara cepat untuk memastikan bahwa data dimasukkan sesuai dengan format tertentu, dan bahwa bidang yang diperlukan tidak dibiarkan kosong.

Data yang tidak konsisten dapat menyebabkan masalah pelaporan, dan membuat pekerjaan tambahan untuk administrator basis data. Kode pos, nomor telepon, nomor seri, tanggal, judul, dan jenis data lainnya dapat divalidasi saat masuk. Jika data yang dimasukkan tidak sesuai dengan format yang ditentukan, Access akan menunjukkan kesalahan dan meminta pengguna untuk memasukkan kembali data menggunakan format yang benar.

Untuk memastikan bahwa data dimasukkan dengan benar, bentuk termudah validasi melibatkan penerapan masker input ke lapangan. Access menyediakan Wizard Masker Input untuk mempermudah proses.

Untuk memulai Wizard Masker Input, pilih properti Masker Input dan pilih tombol elipsis. Bergantung pada apa yang Anda lakukan sesaat sebelum ini, Access mungkin bertanya apakah Anda ingin menyimpan tabel yang sudah Anda kerjakan. Klik Ya untuk menyimpan tabel. Wizard Masker Input akan memberikan daftar masker input yang telah dikonfigurasi sebelumnya, misalnya Anda dapat memilih untuk memaksa pengguna memasukkan nomor telepon dalam format yang telah ditentukan untuk mencegah kesalahan entri data. Pilih topeng yang ingin Anda terapkan. Jika tidak ada masker yang sesuai dengan kebutuhan Anda, pilihlah yang serupa. Anda akan memiliki kesempatan untuk menyempurnakan topeng sesuai keinginan Anda. Klik Berikutnya.

Gunakan kotak Masker Input untuk menyesuaikan masker input dengan spesifikasi Anda. Pilih karakter placeholder yang akan berfungsi sebagai contoh untuk mask Anda dan klik Berikutnya.

Tunjukkan apakah Anda ingin simbol (seperti tanda hubung atau tanda kurung) disimpan bersama dengan data bidang Anda. Klik Selesai.

Anda dapat memodifikasi topeng untuk mewajibkan atau membatasi penggunaan karakter tertentu. Karakter juga dapat diindikasikan sebagai opsional. Masker input juga dapat dikonfigurasi dengan pengubah yang tidak muncul sebagai data, tetapi bertindak pada data. Misalnya, pengubah dapat mengkonversi semua data yang dimasukkan ke huruf besar (misalnya kode pos akan selalu muncul sebagai huruf besar) atau huruf kecil, menyisipkan pemisah ribuan dalam serangkaian angka, atau mengganti tanda bintang untuk kata sandi yang tersimpan.

Anda juga dapat mengkonfigurasi karakter literal dalam masker input. Karakter literal akan disimpan dengan data dan bisa menjadi simbol, karakter atau string yang ditambahkan ke data yang dimasukkan.

Masker input memungkinkan Anda untuk menstandardisasi entri data dan mencegah kesalahan yang dapat merusak pencarian seiring berkembangnya basis data Anda.

[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *